Berat badan maternal pdf

Pengaruh paritas terhadap risiko kejadian BBLR Paritas adalah jumlah anak yang telah dilahirkan oleh seorang ibu baik lahir hidup maupun lahir mati. Kondisi ibu saat hamil: Pada masa kehamilan seorang ibu memerlukan makanan lebih banyak dibandingkan wanita tidak hamil.

Meningkatnya kkal untuk bertumbuh.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Suhu inkubator dapat diturunkan 1 0C per minggu untuk bayi berat badan maternal pdf berat badan gram dan secara berangsur — angsur ia dapat diletakkan didalam tempat tidur bayi dengan suhu lingkungan 27 0C 0C.

Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin.

Pada bayi dalam incubator dengan kontak yang minimal, tempat tidur atau kasur incubator harus diangkat dan bayi dibalik pada sisi kanannya. Karena selama hamil zat-zat gizi akan terbagi untuk ibu dan untuk janin yang dikandungnya. Fungsi perawatan disini adalah memberi perlindungan terhadap berat badan maternal pdf BBLR dari infeksi.

Pengamatan Lebih Lanjut Bila bayi berat lahir rendah dapat mengatasi problematik yang dideritanya perlu diamati selanjutnya oleh karena kemungkinan bayi ini akan mengalami gangguan pendengaran, penglihatan, kognitif, fungsi motor susunan saraf pusat dan penyakit penyakit seperti Hidrosefalus, Cerebral palsy dan sebagainya.

Menurut penelitian Haworth dkk, bahwa berat badan bayi yang lahir dari ibu perokok lebih rendah dari berat badan maternal pdf yang bukan perokok, walaupun penambahan berat badan selama hamil dan asupan energi sama.

Bayi BBLR sangat mudah mendapat infeksi. Sesudah bayi mengadakan inspirasi, tidak tertinggal udara residu dalam alveoli, sehingga selalu dibutuhkan tenaga negatif yang tinggi untuk yang berikutnya Asfiksia neonetorum Bayi dismatur sering mendapatkan hiperbilirubinemia, hal ini mungkin disebabkan karena gangguan pertumbuhan hati.

Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hperbilirubinemia dapat menyebabkan kernikterus maka wama bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa, bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat.

Produksi amilase pankreas dan lipase, yaitu enzim yang terlibat dalam pencernaan lemak dan karbohidrat juga menurun. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam BBLR adalah: Ginjal masih belum matang Kemampuan mengatur pembuangan sisa metabolisme dan air masih belum sempurna sehingga mudah terjadi oedema 6.

Hal ini disebabkan oleh keadaan yang kurang baik dan pengawasan antenatal yang kurang. Perawatan BBLR Dengan memperhatikan gambaran klinis diatas dan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi pada bayio BBLR, maka perawatan dan pengawasan bayi BBLR ditujukan pada pengaturan panas badan, menghindari infeksi, pemberian makanan bayi dan pernapasan.

Pengaruh umur ibu saat hamil terhadap kejadian BBLR Hendaknya ibu merencanakan kehamilannya pada kurun waktu umur produksi sehat yaitu tahun. Terhadap Persalinan Pengaruh gizi kurang terhadap proses persalinan dapat mengakibatkan persalinan sulit dan lama, persalinan sebelum waktunya prematurperdarahan setelah persalinan, serta persalinan dengan operasi cenderung meningkat.

Bayi preterm mempunyai lebih sedikit simpanan garam empedu, yang diperlukan untuk mencerna dan mengabsorbsi lemakdibandingkan bayi aterm. Tetapi diagnosis dini dapat ditegakkan jika cukup waspada terhadap perubahan kelainan tingkah laku bayisering merupakan tanda infeksi umum.

Dari segi kejiwaan, belum siap dalam menghadapi tuntutan beban moril, mental, dan emosional yan menyebabkan stress psikologis yang dapat mengganggu perkembangan janin. Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5.

Dengan demikian para ibu hamil, diharapkan dapat memilih makanan yang bergizi, guna menghindari lahirnya bayi dengan berat badan lahir rendah. Tetapi hal ini refersibel dan akan memberikan respon yang baik apabila nutrisi diperbaiki.

Aksi vasokonstriksi dan nikotin menyebabkan menurunnya perfusi darah ke plasenta.

Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf

Keadaan status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin. Potensial untuk kehilangan panas akibat luasnya permukaan tubuh dibandingkan dengan berat badan, dan sedikitnya lemak pada jaringan bawah kulit memberikan insulasi. Dari segi biologis, wanita pada umur muda kurang dari 20 tahun memiliki perkembangan organ-organ reproduksi yang belum matang.

Masalah pernafasan juga akan mengganggu makanan secara oral. Manifestasi klinis yang lain yaitu: Umur ibu hamil yang lebih tua juga dihubungkan dengan adanya penyakit-penyakit yang menyertainya. Oleh karena itu, bayi BBLR tidak boleh kontak dengan penderita infeksi dalam bentuk apapun.

Pendapatan yang rendah akan menyulitkan seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi terutama dalam hal gizi. Jumlah paritas yang tinggi mempunyai risiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi BBLR. Dengan cara ini suhu kulit bayi dapat dipertahankan pada derajat yang telah ditetapkan sebelumnya.

Koordinasi antara isap dan menelan, dengan penutupan epiglotis untuk mencegah aspirasi pneumonia, belum berkembang dengan baik sampai kehamilan minggu.Artikel Jurnal Pengukuran Berat Badan Pdf.

ABSTRACT. Ratih Kusuma Dewi, Arkhan Subari, dalam desain kertas dan aplikasi pengukuran tinggi badan, berat badan, suhu tubuh, dan tekanan berdasarkan miktrokontroler atmega16 menjelaskan bahwa sekarang hampir semua penggunaan otomatisasi, baik dalam dunia kesehatan.

FAKTOR MATERNAL DAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL YANG BERISIKO TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) Studi Pada Ibu Yang Periksa Hamil Ke Tenaga. Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice. 66 DAFTAR PUSTAKA Adiba. F. Hubungan Pertambahan Berat Badan Selama Hamil Dan Faktor Lain Dengan Berat Badan Lahir Di Rumah Bersalin Lestari.

pengaruh preeklamsia berat pada kehamilan terhadap keluaran maternal dan perinatal di rsup dr kariadi semarang tahun the effect of severe preeclampsia in pregnancy. Angka kematian neonatal Indonesia menduduki peringkat ke tertinggi di dunia disebabkan kejadian bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) yang tinggi.

Berat badan maternal pdf
Rated 4/5 based on 31 review