Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf

ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap. Suhu inkubator dikontrol oleh alat servomechanism. Kebudayaan yang berpengaruh terhadap BBLR kebiasaan ibu merokok, ketergantungan obat-obatan tertentu terutama jenis psikotropikaKebiasaan ibu mengkonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan ibu melakukan diet ketat atau pantang makanan tertentu.

Pemberian makanan Pemberian makanan secara dini dianjurkan untuk membantu mencegah terjadinya hipoglikemia dan hiperbillirubin. Untuk mencegah infeksi, perawat harus menggunakan gaun khusus, cuci tangan sebelum dan sesudah merawat bayi.

Laporan Pendahuluan BBLR pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf

Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Umur ibu hamil yang lebih tua juga dihubungkan dengan adanya penyakit-penyakit yang menyertainya. Sebaliknya pendidikan yang rendah akan sulit bagi seorang ibu untuk menerima inovasi dan sebagian besar kurang mampu menciptakan kebahagiaan dalam keluarganya, selain itu kurang menyadari betapa pentingnya perawatan sebelum melahirkan.

Hepar yang belum matang immatur Mudah menimbulkan gangguan pemecahan bilirubin, sehingga mudah terjadi hyperbilirubinemia kuning samai ikterus 5. Penanganan secara umum: Perdarahan dalam otak Pembuluh darah bayi BBLR masih rapuh dan mudah pecah Sering mengalami gangguan pernapasan, sehingga memudahkan terjadinya perdarahan dalam otak Perdarahan dalam otak memperburuk keadaan dan menyebabkan kematian bayi Pemberian O2 belum mampu diatur sehingga mempermudah terjadi perdarahan dan nekrosis.

Pengelolaan hiperbilirubinemia, penanganan infeksi dengan antibiotik yang tepat 2. Terhadap Persalinan Pengaruh gizi kurang terhadap proses persalinan dapat mengakibatkan persalinan sulit dan lama, persalinan sebelum waktunya prematurperdarahan setelah persalinan, serta persalinan dengan operasi cenderung meningkat.

Pendapatan yang rendah akan menyulitkan seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi terutama dalam hal gizi. Pengaruh penyakit yang diderita ibu terhadap kejadian BBLR Beberapa jenis penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi sirkulasi darah janin.

Ilmu Kebidanan. Penatalaksaan a. Kehilangan panas di sebabkan oleh permukaan tubuh bayi yang relative lebih luas bila di bandingkan dengan berat badannya.

Dengan adanya lingkungan yang hangat pada bayi dapat mencegah terjadinya kehilangan panas atau hipotermi. Merokok menyebabkan menurunnya selera makan ibu sehingga asupan energi ibu hamil berkurang, walaupun ada beberapa ibu perokok yang selera makannya tidak berubah.

Lain halnya dengan BBLR karena memerlukan perawatan yang intensif 8. Penggunaan perekat setelah penusukan tumit atau untuk melekatkan alat pemantau atau infus IV dapat eksoriasi kulit atau menempel erat pada permukaan kulit sehingga epidermis dapat terkelupas dari dermis dan tertarik bersama plester sama sekali tidak aman menggunakan gunting untuk mengelupas balutan atau plester dari ekstremitas bayi imatur yang sangat kecil, karena bis memotong ekstremitas yang kecil tersebut atau melepas klit yang terikat longgar.

Resiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat. Misalnya kesadaran untuk memenuhi gizi, imunisasi, pemeriksaan berkala antenatal care. Suhu Tubuh Pusat pengatur napas badan masih belum sempurna Luas badan bayi relatif besar sehingga penguapannya bertambah Otot bayi masih lemah Lemak kulit dan lemak coklat kurang, sehingga cepat kehilangan panas badan Kemampuan metabolisme panas masih rendah, sehingga bayi dengan berat badan lahir rendah perlu diperhatikan agar tidak terlalu banyak kehilangan panas badan dan dapat dipertahankan.

Yang perlu dikaji pada bayi dengan BBLR gangguan absorbsi gastrointentinal, muntah aspirasi, kelemahan menghisap sehingga perlu diberikan cairan parentral atau personde sesuai dengan kondisi bayi untuk mencukupi kebutuhan elektrolit, cairan, kalori dan juga untuk mengkoreksi dehidrasi, asidosis metabolik, hipoglikemi disamping untuk pemberian obat intravena.

Jumlah paritas yang tinggi mempunyai risiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi BBLR. Kadar laktase juga rendah sampai sekitar kehamilan 34 minggu.

Anemia defisiensi besi merupakan salah satu gangguan yang paling sering terjadi selama kehamilan. Inkubator Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator.

Pada bayi BBLR yang lebih kecil, kurang giat dan mengisap dan sianosis ketika minum melalui botol atau menetek pada ibunya, makanan diberikam melalui NGT Jadwal pemberian makanan disesuaikan dengan kebutuhan dan berat badan bayi BBLR.

Bayi BBLR berisiko mengalami serangan apneu dan defisiensi surfakatan, sehingga tidak dapat memperoleh oksigen yang cukup yang sebelumnya diperoleh dari plasenta. Orangtua meliputi: Pada bayi premature mudah dan cepat sekali menderita hipotermi bila berada di lingkungan yang dingin.

Terhambatnya jalan napas akan menimbulkan asfiksia, hipoksia dan akhirnya kematian. Hubungan psikologis: Pengaruh status gizi ibu terhadap kejadian BBLR Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah, baik pada ibu maupun janin, seperti diuraikan berikut ini: Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam BBLR adalah:Pdf dateien bearbeiten kostenlos download.

Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat badan bayi yang baru lahir tidak sesuai dengan usia kehamilan. Misalnya bayi yang lahir dengan berat badan. ยท Laporan Pendahuluan (LP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf. Bayi berat badan lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari gram (WHO, ).

Berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir. (Huda dan Hardhi, ). Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram.

Menurut Maryunani dkk, () adapun tanda dan gejala yang terdapat pada bayi dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) adalah: a. Berat badan.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ). Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice.

Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf
Rated 3/5 based on 12 review