Makalah diet untuk penyakit gagal ginjal kronis

Sehingga konsumsi vitamin A perlu mendapat perhatian. Apakah penyakit ginjal terjadi secara tiba-tiba atau telah terjadi selama waktu yang lama. Utamakan penggunaan karbohidrat kompleks. Komplikasi gastrointestinal saluran cerna sering terjadi pada pasien yang menyebabkan turunnya intake makanan dan malnutrisi.

Penurunan asupan protein dapat mereduksi sindrom uremik dan menghambat dialisis pada pasien dengan gagal ginjal kronis yang stabil. Apakah kerusakan pada ginjal bisa disembuhkan?

Pada hemodialisis, sebuah tabung yang kecil yang dapat membawa darah ke dalam sebuah alat yang disebut dengan dialyzer yang dibuat dari material yang berfungsi sebagai membran semipermeabel. Dan juga kita bisa melihat pada tempat pelayanan cuci darah hemodialisa yang banyak juga. Infeksi saluran kemih pielonefritis kronis Penyakit peradangan glomerulonefritis Penyakit vaskuler hipertensif nefrosklerosis, stenosis arteri renalis Gangguan jaringan penyambung SLE, poliarteritis nodusa, sklerosis sitemik Penyakit kongenital dan herediter penyakit ginjal polikistik, asidosis tubulus ginjal Penyakit metabolik DM, gout, hiperparatiroidisme Nefropati toksik Nefropati obstruktif batu saluran kemih.

Namun, kecenderungan saat ini adalah lebih banyak menurunkan kadar fosfat dari makanan dan minuman daripada penggunaan zat pengikat secara rutin. Pada dialisis peritoneal, sebuah tabung tipis kateter dimasukkan ke dalam perut Anda, mengisi rongga perut Anda dengan cairan dialisis yang menyerap limbah dan kelebihan cairan.

Akan tetapi kelebihan dari metode ini adalah pengambilan darah melalui pembuluh darah tidak dilakukan serta pembatasan diet tidak terlalu ketat. Kebutuhan Energi Beberapa studi menemukan kebutuhan kalori untuk pemenuhan pasien dengan hemodialisis dalam kondisi metabolik yang seimbang.

Darah manusia melewati ginjal sebanyak kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan cc filtrat glomerular per menitnya. Elektrolit dalam darah akan meningkat jika ginjal tidak menjalankan fungsinya untuk membuang sejumlah elektrolit tubuh.

Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

makalah ginjal

Diet dialisis I, 60 g protein. Laju penyaringan glomerular ini digunakan untuk tes diagnosa fungsi ginjal. Tabel 9. Akan tetapi, penurunan asupan protein ini tidak diharapkan karena dapat menimbulkan malnutrisi atau intake kalori yang tidak adekuat.

Caranya adalah diet ketat rendah protein dengan kalori yang cukup untuk mencegah infeksi atau berkelanjutannya kerusakan ginjal.

LAPORAN PENDAHULUAN GAGAL GINJAL KRONIK/ CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD)

Jika fungsi ginjal sudah tidak berjalan normal maka akan terdapat penumpukan kotoran di dalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan.

Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan penurunan GFR ketika aktivitas dari hormon tidak adekuat atau ketika konsumsi air dan elektrolit dibatasi atau berlebihan.

Berikut beberapa pengertian gagal ginjal kronis menurut beberapa literatur dan diantaranya yaitu: Menurunkan kadar ureum darah. Oleh karena itu, pengkajian klinik sangat bergantung pada pemeriksaan penunjang, meski anamnesis yang teliti sangat membantu dalam upaya menegakkan diagnosis yang tepat.

Perhitungan nitrogen urea darah BUN untuk mengukur seberapa banyak nitrogen dari produksi limbah urea dalam darah. Dinding kapiler dari glomerulus memiliki pori-pori untuk filtrasi atau penyaringan.

Selain itu, uremia juga merupakan faktor lainnya yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan dan intake makanan.

Recent Posts

Sedangkan pada pemeriksaan urine yang kita periksa antara lain yaitu: Untuk itu cara terbaik untuk mencegah hilangnya kalsium adalah dengan membatasi asupan makanan yang mengandung fosfat yang tinggi.

Beberapa data hasil penelitian menunjukkan aktivitas dari ubiquitine-proteasome akan menyebabkan proteolitik pada jaringan otot yang merupakan jalur primer dalam katabolisme protein. Beberapa penyakit yang juga dianggap berperan terhadap terjadinya progresifitas. Nefron yang sehat mengkompensasi nefron yang sudah rusak, dan penurunan kemampuan mengkonsentrasi urin, menyebabkan nocturia dan poliuri.

Penyakit Ginjal

Seperti yang akan Anda lihat, banyak dari tindakan ini saling terkait. Bagi Institusi - Sebagai Bahan referensi serta menambah koleksi bacaan yang ada pada institusi tersebut.4/1/ · Penyakit Ginjal kronis adalah kerusakan ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan, berdasarkan kelainan patologis atau petanda kerusakan ginjal seperti proteinuria.

Malnutrisi pada penderita gagal ginjal disebabkan oleh intake makanan yang kurang. Diet yang dilakukan berbeda-beda tergantung tingkat penyakit gagal ginjal yang dialami.

10/30/ · Gagal ginjal kronis atau penyakit renal tahap akhir (ESRD) merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan irreversible dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit,menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).

Diet Rendah Protein untuk Penyakit Ginjal Kronik: Selain faktor keturunan, diabetes, hipertensi, infeksi, batu ginjal, gaya hidup dan pola makan juga sangat berpengaruh kejadian penyakit ginjal kronik yang berakibat pada gagal ginjal. Agar kondisi ginjal tidak semakin parah, perlu dilakukan diet khusus bagi pederita penyakit ginjal kronik.

Gagal ginjal kronik merupakan kelanjutan dari beberapa jenis penyakit, seperti glomerulonefritis, penyakit endokrin, infeksi kronis, kelainan bawaan, obstruksi ginjal, penyakit vaskuler, penyakit jaringan, obat – obatan yang merusak ginjal misalnya pemberian terapi.

Pengobatan Gagal Ginjal Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri.

MAKALAH DIET PADA PENYAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Gagal ginjal kronis adalah kemunduran fungsi ginjal yang progresif dan tak reversible yang disebabkan oleh berbagai jenis penyakit.

(Stein, hal). Pada gangguan fungsi ginjal terjadi usaha-usaha untuk mengkompensasi kekurangan ini, yang di tandai dengan hiperfiltrasi, hipertensi, yang kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada.

Makalah diet untuk penyakit gagal ginjal kronis
Rated 0/5 based on 96 review