Obesitas menyebabkan diabetes gestasional

Bahan kimia dan obat-obatan Bahan kimia tertentu dapat mengiritasi pakreas sehingga menyebabkan radang pankreas. Kehamilan yang disertai diabetes mellitus merupakan kondisi yang berisiko tinggi, oleh karena itu perlu penanganan dan pendekatan multidisiplin untuk mencapai hasil akhir yang baik.

Tak hanya itu, faktor riwayat keluarga juga berperan dalam hal ini. Komplikasi akibat diabetes mencakup aterosklerosis, premature, retinopati dan nefropati. Namun, diabetes gestasional akan datang lagi pada kehamilan berikutnya dan sang ibu akan mengembangkan penyakit diabetes melitus tipe 2 jika mereka tidak segera melakukan pencegahan dengan mengontrol gula darah ketat, olah tubuh khusus ibu hamil, dan mengonsumsi vitamin pada pra-kehamilan dan selama kehamilan.

Diabetes gestasional dapat hilang setelah ibu melahirkan, tapi risiko untuk mengalami serangan diabetes di kemudian hari akan meningkat.

Sebagai akibat pengguna insulin sebagai terapi diabetes melitus belebihan menyebabkan penimbunan lemak subkutan yang berlebian pula. Di tambah lagi dengan kebiasaan ibu hamil, yang mengalami masa makan besar dan banyak karena menghidupi 2 tubuh. Penatalaksanaan antepartum Penatalaksanaan antepartum pada perempuan dengan DMG bertujuan untuk: Keguguran kehamilan yang tidak bisa dijelaskan abortus spontan e.

Pola makan tidak sehat. Glukosa darah ibu yang meningkat akan disalurkan ke janin melalui plasenta. Jika jumlah insulin yang diproduksi tidak disekresikan oleh sel-sel beta yang mengsekresi insulin dalam darah pankreas akibat beberapa gangguan dalam tubuh, glukosa darah tidak diubah menjadi energi dan tidak dapat diubah dalam bentuk glikogen.

Contohnya Minum soda dalam keadaan perut kososng misalnya stelah berpuasa atau waktu bangun tidur dipagi hari juga harus dihindari. Namun, sejumlah wanita dengan kondisi tertentu memiliki risiko lebih tinggi.

Komplikasi yang didapatkan pada ibu dengan diabetes gestasional berkaitan dengan hipertensi, pre-eklampsia, dan peningkatan risiko operasi caesar.

Pada saat yang sama, penggunaan glukosa oleh janin meningkat, sehingga menurunkan kadar glukosa ibu. Kebutuhan insulin dapat meningkat kali lipat pada kehamilan cukup bulan. Insulin— insulin yang diproduksi sel— sel beta pulau langerhans di prankeas bertanggung jawab mentranspor glukosa ke dalam sel.

Pada usia gentasi sepuluh minggu, janin mensekresi insulinnya sendiri dengan kadar yang adekuat, yang memungkinnya menggunankan glukosa yang diperoleh dari ibu. Pengendalian kadar gula terutama dipengaruhi oleh insulin, disamping beberapa hormone lain seperti estrogen, steroid dan plasenta laktogen.

· 1.

Faktor Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Obesitas. Obesitas adalah agen utama dan faktor penyebab diabetes gestasional. Lemak sub kutan dan visceral pada tubuh ibu calon hamil dengan obesitas, akan menghasilkan hormon adipositokin yang melawan kerja insulin. Di tambah lagi dengan kebiasaan ibu hamil, yang mengalami masa makan besar dan banyak karena menghidupi 2 tubuh.5/5(1).

Pada wanita hamil, diabetes gestasional menyebabkan wanita berisiko tinggi mengalami preeklampsia, kelahiran prematur, dan keguguran. Bahkan, kondisi ini juga bisa membuat ibu berisiko lebih tinggi untuk melahirkan dengan cara operasi caesar karena biasanya ukuran bayi lebih besar dari normal.

Diabetes melitus sendiri merupakan penyakit dimana tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah akibat resisten terhadap hormon insulin sehingga dula darah melonjak drastis dan bisa menyebabkan tubuh menjadi rusak serta komplikasi yang ditimbulkannya pun bisa lebih parah lagi.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang muncul pada masa kehamilan, dan hanya berlangsung hingga proses melahirkan.

Apa itu diabetes gestasional?

Kondisi ini dapat terjadi di usia kehamilan berapa pun, namun lazimnya berlangsung di minggu ke sampai ke kehamilan. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang di berikan kepada kami dalam rangka pengembangan dasar ilmu keperawatan medikal bedah yang berkaitan dengan diabetes gestasional.

Diabetes gestasional t erjadi pada minggu ke 24 sampai ke 28 pada masa kehamilan. Walaupun diabetes pada masa kehamilan termasuk salah satu factor resiko terkena diabetes tipe II.

Faktor Risiko Penyebab Diabetes Gestasional

Kondisi ini adalah kondisi sementara dimana kadar gula darah akan kembali normal setelah melahirkan.

Obesitas menyebabkan diabetes gestasional
Rated 4/5 based on 100 review